SOSIALISASI STUNTING SMKN2 PARIAMAN

Rabu, 9 November 2022 SMKN 2 Pariaman mengundang narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman untuk melakukan Sosialisasi Stunting bagi para siswa SMKN 2 Pariaman.

Sosialisasi bertempat di Aula Sekolah dengan siswa menjadi peserta dan juga beberapa guru.



Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.



Narasumber yaitu Satri Yarlina, Skm, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kota Pariaman bukan hanya mengenalkan apa itu stunting, juga menjelaskan materi yang terdiri dari penjelasan, contoh, akibat dan cara mengatasinya. 

Guru dan juga siswa ikut berperan aktif dalam bertanya dan juga menjawab dalam sosialisasi tersebut.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, para siswa dan juga guru mempunyai ilmu dan juga pengetahuan mengenai stunting dan diharapkan para siswa juga membantu menjelaskan kepada teman lainnya agar pencegahan dan cara menghindari stunting dapat dilakukan.



Post a Comment

0 Comments