KUNJUNGAN SHOH ENTERTAINMENT

Kunjungan yang ke tiga yaitu melakukan jaulah ke studio yang membuat kami semua terkagum-kagum. Ini pekerjaan besar, ini adalah tim hebat dan mereka semua luar biasa dalam skill. Saya mengulik di media sosial dan membaca sejarah foundernya di linked in serta tahapan beliau memulai studio animasi pantaslah kami semua berdecak kamu, SHOH intertainment studio. Kenalan sedikit mesti sangat disayangkan kami semua tidak berkesempatan bertemu langsung dengan beliu. Tapi kebahagiaan dan rasa kagum masih belum berkurang.


Seung Hyun Oh, founder and CEO at SHOH INTERPREST PTE.LTD.,PT studio SHOH intertainment. Beliau berasal dari Korea dan memiliki bakat menggambar yang hebat. Umur 20 tahun setelah tamat SMA ia mulai menggambar berbagai hal meski saat itu dia tidak tahu tentang dunia animasi. Lalu 1992 beliau bekerja di kota kelahirannya itu disebuah studio creator dan lanjut pindah ke Jepang. Di sana memulai kerja sama dengan studio dan memiliki kesempatan jadi pimpinan creator di salah satu divisi. Selanjutnya  pindah lagi ke Amerika dengan posisi masih manager creator selama 10 tahun. Pada tahun 2015 belaiu pindah ke indonesia dan bergabung di MNC group. Ia merasa sangat bangga dan bahagia dengan apa yang telah dilalui dan diperjuangan untuk perusahaannya.  Ia senang memiliki dan mengembangkan bahkan hal yang sangat terpenting adalah berkolaborasi dengan anak muda yang kreatif dan mental yang kuat. Saya bisa menikmati cuplikan video beliau dari media sosial SHOH.

Meski tidak bersua, tapi Kami di sambut oleh Public relation SPV yang ramah yaitu ibu Sagita Ajeng. Bersama beliau kami melakukan studi tour office dalam melihat proses pengerjaan berbagai proyek service di studio besar ini. Karena bagi mereka fokus di service untuk saat ini jauh lebih menjanjikan dibandingkan mengalihkan sumber daya membuat IP, meskipun itu tetap mereka upayakan dengan sebuah IP yang sebentar lagi akan di launching.

Ibu Sagita Ajeng menambahkan bahwa telah banyak proyek service yang telah mereka lakukan seperti : spirit riding free, dinoste, fanci nancy, minnie bow toon, miraculaus, lady bug dan masih banyak lagi. Untuk saat ini mereka telah membuka SHOH academy yang dimulai sejak imbas pandemi di indonesia hingga sekarang mereka sudah menjalani secara online maupun offline. 

Selama perjalanan tour office kami juga di temani seorang ibu muda, Mahda Rizkia seorang public relation muda. Sejauh ini pasti sudah terbayang bagaimana keseruan round study tiru kami di studio besar ini. Sayangnya kita harus menjaga etik bahwa proses project yang kami lihat tidak boleh di dokumentasikan. Jika tidak pasti ini akan lebih membuncah.

Meskipun sebuah studio besar yang pastinya berbasis profit tapi tetap saja sebagai bakti bangsa, mereka menyediakan waktu mencerdaskan dengan memberikan belajar gratis di beberapa waktu tentu. Bahkan mereka sekarang kerja sama dengan smkn 41 Jakarta yang masih berlangsung hingga saat ini. Dalam bagian ini kami juga mengharapkan hal yang sama terjadi dengan SMKN 2 Pariaman.

Mereka menerima siswa magang yang didahului dengan seleksi terlebih dahulu. Dalam bentuk portofolio, melihat sejauh mana mereka pernah mencobakan berbagai upaya penyelesaian proyek animasi. Bahkan penerimaan karyawan bukan juga berdasarkan gelar pendidikan tapi lebih petualangan mereka di dunia animasi. 

Setiap studio dan tempat yang kami kunjungi semuanya memberikan gambaran bahwa dunia animasi indonesia saat ini sedang bertumbuh. Dan masih belum banyak pihak berkecimpung di sini. Hal inilah lah yang memberikan harapan besar bagi generasi muda di manapun seluruh plosok indonesia. Banyak peluang besar untuk berkarya dan menghasilkan income besar dari dunia animasi ini. KeepFighting and BeCreative dan mungkin harus anti "bapper".

Post a Comment

0 Comments