BENCHMARKING UPDATE TEKNOLOGI DARI DUNIA KERJA

Rabu, 19 oktober 2022. Guru animasi dan wakil SMKN 2 Pariaman melakukan perjalanan kunjungan Studi Banding. Mulai dari BIM ( Bandara Internasional Minangkabau) keberangkatan pukul 10.00 wib dengan tujuan kunjungan studi banding ke beberapa lokasi, salah satunya smkn 3 tanggerang selatan. Sekolah ini menyambut tamu dengan ciri khas karakter baik yang dimilikinya yaitu salawatan rebana yang di sertai barisan siswa animasi hingga sampai di tempat pertemuan. Kami merasa menjadi tamu yang ditunggu-tunggu. Bukankah memulia tamu itu adalah salah satu bentuk buah dari adap yang baik ?


Sekolah yang didirikan tahun 2010 yang merupakan sekolah ketiga setelah pemekaran wilayah ini memiliki 3 jurusan. Animasi, teknik sepeda motor dan automatisasi tatakelola perkantoran. Dengan demikian sekolah ini menjadi sekolah ketiga di tanggerang. Kepala sekolah hebat ibu Dwi Novy Hardani membentuk pola minset yang openminded. Di sokong oleh guru-guru muda yang penuh semangat. Sehingga menjadi salah satu sekolah rujukan. Bahkan disini bisa menerima siswa sekolah lain magang. Hal ini terlihat pada jurusan animasi yang memiliki labor khusus untuk pembuatan proyek.
Kreatif, inovatif dan produktif merupakan motto yang disampaikan oleh kutua program animasi yaitu Dwi Adrian, S.Kom M.Pd. Tim hebat sekolah bersama kurikulum membuat sebuah inovasi yaitu program IJP yaitu In Job Trining. Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter yang handal baik dalam hard skill maupun soft skill sesui dengan tuntutan dunia industri. Mereka telah melakukan hingga batch ke 5, yang akhirnya siswa batch senior akan menjadi tutor bagi batch di bawahnya. Bahkan khusus bagi siswa kelas XII memiliki tanggungjawab untuk memegang seorang juniornya dengan target yang sudah di sesuaikan.
Program ini menurut kami sangat menginspirasi dan pantas ditiru. Karena proses yang dilakukan siswa setiap hari selama 2 minggu pada IJP memberikan gambaran baru proses pembentukan karakter. Mereka memulai dengan breafing di pagi hari yang berisi motivasi, lalu anak membersihkan lingkungan tempat kerja dilanjutkan dengan bekerja, istirahat saat siang dan kembali bekerja hingga di tutup lagi dengan kegiatan evaluasi.

Jurusan animasi memiliki 4 labor yang masing-masing memiliki spesifikasi jobdescription yang berbeda pula. Jurusan animasi membagi setiap gurunya dalam tanggungjawab divisi yang berbeda pula. Divisi ini disesuikan drngan kebutuhan yang ada di industri animasi. Seperti adanya divisi Asset, divisi storyboard, divisi composite dan divisi lainnya. 
Mereka menerapkan prinsip merdeka belajar yang dibawa oleh bapak mentri pendidikan. Dimana kurikulum menyiapkan pembelajaran yang berbasis kebutuhan siswa di dunia kerja tanpa menghilangkan unsur pembentukan karakter mandiri dan profesional dan ditambah lagi kekhusus untuk jurusan animasi harus anti "baper". Karena mereka akan dituntut banyak oleh dunia industri menyelesaikan proyek besar yang rilis dalam film animasi.
Selain itu ada hal yang cukup menarik bagi kami yaitu adanya muatan lokal bahasa arab. Dengan jurusan yang ada dan linieritas dunia kerja serta kecenderungan dunia pendidikan mereka terlihat menaikkan bendera yang berbeda. Tergambarlah bagaimana sekolah ini memang sangat menghargai ilmu. Dan memeiliki fikiran yang berbeda dalam pendidikan. Patutlah hal baik ini kami terapkan di SMKN 2 Pariaman. 


Post a Comment

0 Comments