ANIMASI INDUSTRI PADAT MANUSIA

Pernahkah terbayangkan jika beberapa tahun kemudian akan banyak pengangguran intelek di sekitar kita. Banyak manusia yang gagal mencapai mimpi karena masih bercongkol dalam pola lama. Banyak generasi mendatang akan hilang lapangan pekerjaan karena sebagian wilayah itu di ambil alih oleh robot. Manusia berkutat dengan ilmu dan cara, berupaya mencari gelar setinggi-tingginya namun saat keluar dari zona nyaman (kampus) mereka gagap dan binggung ternyata realita tak membutuhkan apa yang mereka telah perjuangkan. 

Tesla tahun 2021 sedang mengembangkan prototipe robot Humanoid yang memiliki tampilan manusia. Yang mudah terintegrasi dengan sistem yang biasa digunakan dalam dunia industri. Robot ini akan menjadi robot extrime yang sangat capable dengan semua kebutuhan pekerjaan industri. Bahkan dengan biaya yang rendah seharga mobil 300 juta, perusahaan bisa menggunakan robot handal yang akan menurunkan efisiensi biaya karyawan hingga 40 %. Mereka sendiri memiliki prediksi bahwa bisnis robot ini akan mengalahi pasar mobil saat ini. Mungkin sekarang perusahaan besar sekelas tesla dan amazon sudah bisa menggunakan robot dan tidak untuk perusahaan menengah. Namun sekarang dari rancanagan robot terbaru dan adanya penyediaan RAS (Robot As a Service) membuat hal itu mungkin bisa bagi semua perusahaan meskipun itu kecil.  Karena dapat sistem pinjam dan service kembali jika ada kendala. Sehingga tidak ada biaya modal beli di awal atau biaya maintenance yang harus di khawatirkan.

Ini sangat perlu diwaspadai oleh generasi muda. Bagaimana menereka memandang masa dengan dalam frame global dunia industri. Robot akan dipandang jauh lebih efektif digunakan untuk pekerjaan yang bersifat rutinitas sama. Atau sebut saja industri yang bersifat masal produksi. Hanya sebagain kecil manusia yang dibutuhkan dalam produksi. Butuh orang cakap yang bertindak sebagai management operasional dan pengembangan serta pemasaran saja mungkin. 

Beda halnya dengan industri kreatif. Mereka tidak akan tergantikan oleh robot. Karena mereka bekerja memproduksi atas daya kreasi kinerja otak manusia untuk setiap produknya. Seperti halnya industri animasi. Kami adalah salah satu SMKN di kota pariaman yang melakukan perubahan dengan memilih industri kreatif yang sedang berkembang pesat ini yaitu prodi Animasi. Banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membimbing guna kesiapan SMKN 2 Pariaman memiliki prodi animasi. Baik dari kurikulum, kesiapan tenaga pendidik, sarana-prasarana bahkan berbagai pencerahan yang terpola. Mencoba mencontoh beberapa sekolah yang lebih awal dalam animani dan membuat sebuah frame sendiri layak pakai di lingkungan kota Pariaman. Kami yakin bahwa pilihan ini tepat karena tidak akan menghasilkan generasi muda yang memiliki masa depan tergantikan oleh robor. Bisakah robot bekarya membuat sebuah animasi manusia atau makhluk hidup lain yang memiliki pola dan tingkah laku seperti layaknya sesuatu yang hidup. Tentu saja tidak, bahkan meski itu dilandasi oleh teknologi AI sekalipun.
Sabtu, 29 oktober 2022 kami kedatangan nara sumber hebat dari SMKN 1 Ciomas, Bogor dalam acara Sharing Praktek Baik (best practice). Mereka sudah lebih dahulu melewati fase- fase pencarian hingga sekarang diakui menjadi salah satu sekolah yang memiliki banyak kerja sama service dengan berbagai studio animasi besar. Bapak Januar Asri, S.Pd dengan bangga memperlihatkan beberapa karya siswanya. Bermodal semangat memberi kualitas dan berusaha membentuk jaringan adalah hal yang penting untuk membuat sekolah bisa di terima di dunia industri. 

Setelah beliau berinteraksi dengan siswa animasi SMKN 2 Pariaman, baginya tampak semangat dan kecerdasan anak Pariaman yang bisa menjadi sumber daya animator untuk masa yang akan datang. Harapan setelah ini adalah bentuk kerja sama yang saling menguatkan. Agar jurusan animasi SMKN 2 Pariaman mengalami percepatan dalam geliat dan hasil.

Berbagi dan mempelajari dari banyak hal yang beliau sampaikan, ada pencerahan dan tekat baru bagi kami sebagai guru animasi agar terus belajar. Never stop learning, because our live never stop teaching. Semoga esok kami bisa menggelar galeri animasi dan beliau menjadi salah satu tamu khusus yang akan duduk di kursi terdepan, seperti keinginan yang beliau sampaikan. Aamiin.

Tonton video dokumentasi :
https://youtu.be/6yxDNr7d9Fw

Post a Comment

0 Comments