Sosialisasi Learning Management System (LMS) Serambi Ilmu 2022

Senin, 19 September 2022
Sosialisasi Learning Management System (LMS) Serambi Ilmu 2022

Revolusi Digital atau yang lebih dikenal Revolusi Industri 4.0 dengan pemanfaatan Internet banyak merubah cara belajar masyarakat dunia. Data terbaru 93 Juta penduduk Indonesia adalah pengguna Internet dan sekitar 71 juta memiliki dan menggunakan smartphone, ini artinya mereka cenderung terhubung dengan dunia digital. 

Smartphone memang memiliki banyak manfaat, tinggal bagaimana seseorang menggunakan Smartphone tersebut. Kemajuan teknologi yang serba canggih ini pasti menimbulkan dampak negatif dan positif, terutama bagi remaja saat ini. 

Bagaimana sekolah mengantisipasi dampak-dampak tersebut? Salah satunya adalah kendalikan smartphone mereka dengan cara menghadirkan kepada mereka layanan-layanan yang dapat mereka akses dengan smartphone tersebut, sehingga penggunaan smartphone lebih kearah yang positif. Salah satu layanan tersebut kami beri nama Serambi Ilmu.






Serambi Ilmu SMK Negeri 2 Pariaman adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. 

Serambi Ilmu SMK Negeri 2 Pariaman, diadopsi dari platform pembelajaran open source dunia yaitu moodle. Kenapa diadopsi dari moodle?. Kenapa tidak memakai produk dalam negeri?. Pemilihan aplikasi yang baik diukur dari sejauh mana efisiensi penggunaan LMS tersebut untuk mengakomodir semua aktifitas dan proses kegiatan dalam pembelajaran, gunakanlah LMS yang sudah stable agar proses PBM berjalan dengan efisien





Manfaat:

  1. Penggunaan smartphone lebih kepada hal-hal yang positif, karena akan menjawab pertanyaan “ternyata smartphone juga bisa digunakan untuk menjadi smart education” 
  2. Tenaga pengajar dan peserta didik lebih update dengan perkembangan teknologi
  3. Mempermudah administrasi proses belajar mengajar 
  4. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di mana saja dan kapan saja 
  5. Meningkatkan kemampuan belajar mandiri peserta didik dan pengalaman belajar yang lebih praktis dan menyenangkan 
  6. Konten pembelajaran untuk peserta didik dapat terdokumentasi dengan baik dari tahun ke tahun 
  7. Menghemat biaya ulangan harian, UTS, PAS dan pembelajaran 
  8. Monitoring aktifitas siswa di serambi ilmu dapat dilakukan dengan mudah

Post a Comment

0 Comments